Dr. Salusra Widya, MA : Perkuat Kompetensi SDM

Lembaga Pengembangan kebijakan Pengadaan (LKPP) mendorong semua pihak untuk sinergi dalam pengembangan SDM. Sekretaris Utama LKPP, Dr. Salusra Widya, MA., menyampaikan hal tersebut dalam acara peresmian Badan Pengembangan Sumber  Daya Manusia Provinsi NTB sebagai pusat pelatihan pengadaan barang/jasa, Jum’at (2/2/2017) di Auditorium BPSDM NTB. Peresmian ini dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB, Deputi Direktur MCAI, Country Residen MCC, pejabat pemerintah provinsi NTB serta diikuti oleh seluruh peserta  kelulusan professional pengadaan se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Salusra menekankan pentingnya kompetensi SDM dalam mewujudkan pengadaan barang/jasa yang profesional dan modern. “Penekanan pada SDM sangat penting dan menjadi tanggungjawab bersama semua komponen bangsa”, jelasnya. Oleh karena itu pihaknya mengandalkan kemitraan strategis dengan pemerintah daerah dan lembaga yang concern dalam pengembangan kapsitas SDM PBJ. “Saya minta kita jangan cepat puas dengan kondisi sekarang. Keberadaaan pusat pelatihan ini  sebagai pemicu pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan PBJ. Kita akan terus memfasilitasi pusat pelatihan sebagai centre of excellent ”, ungkapnya. Pihaknya menyampiakan apresiasi positif dan terima kasih atas dukungan semua pihak dalam peresmian Badan Pengembangan Sumber  Daya Manusia Provinsi NTB sebagai pusat pelatihan pengadaan barang/jasa.

Sementara itu Wakil Guebrnur NTB, H. Muhammad Amin, M.Si menyampaikan rasa bangganya atas dijadikannya NTB sebagai salah satu centre of excellent dalam mencetak SDM pengadaan barang’jasa. “Hal ini menunjukkan kepercayaan yang besar dari pemerintah dan kami komitmen untuk terus berprestasi dalam sleuruh aspek pembanguan”, jelasnya. Wakil Gubernur juga mengingatkan bahwa kompetensi SDM selain memberikan pelayanan berkualitas juga ditandai dengan kepatuhan terhadap regulasi yang dapat mengurangi konsekuensi hukum dalam proses pelaksanaan PBJ.

Sistem yang dibangun sekarang menurutnya sangat baik dan kedepan tentunya pemanfaatan teknologi informasi dalam PBJ dapat mendorong akuntabilitas dan transparasi pengadaan. “Apresiasi yang tinggi atas penghargaan ini. Marilah kita memberikan pengabdian terbaik bagi daerah, bangsa dan Negara”, harapnya.

Peresmian Pengembangan Sumber  Daya Manusia Provinsi NTB sebagai pusat pelatihan pengadaan barang/jasa ini tidak terlepas dari dukungan lembaga Millenium Challenge Account Indonesia (MCAI) dan Millenium Challenge Corporation (MCC) yang menginisiasi program modernisasi pengadaan di Indonesia. Troy Ray selaku Country Residen MCC menyampaikan terimakasih atas kerjasama dari semua pihak khususnya LKPP yang telah memberikan kepercayaan dan pendampingan dalam pelaksanaan program modernisasi pengadaan ini. “ 3 tahun kita telah melaksanakan program ini, semoga  pusat pelatihan ini dapat dimanfaatkan secara optimal dalam melahirkan insan pengadaan yang profesional”, jelasnya.

Hal yang sama disampaikan Lukas Laksono Adiakso, Deputi Direktur MCAI. Sebagai centre of excellent, lembaga ini dapat mendukung kebijakan nasional dalam pengadaan barang jasa. Selain mendorong pusat pelatihan, MCAI juga melaksanakan pelatihan pengadaan level dasar, menengah dan lanjutan, pendampingan e-catalog daerah, kegiatan proteksi hukum, serta menginisiasi forum modernisasi pengadaan.

Sumber: 
Biro Layanan Pengadaan Setda. Prov. Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
Edi Setiawan, SP., M.Si

Berita