Testing Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) 4.3

Pangkalpinang, Biro Layanan Pengadaan melalui LPSE Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan testing aplikasi SPSE versi 4.3 yang merupakan aplikasi terbaru yang dikembangkan oleh LKPP selama 2 (dua) hari pada tanggal  8 - 9 Oktober 2018. Kegiatan testing aplikasi SPSE tersebut diperuntukan khusus kepada internal Tim LPSE sendiri pada hari pertama dan untuk pokja pemilihan ULP pada hari kedua.

Kegiatan testing aplikasi SPSE versi 4.3 tersebut dipimpin langsung oleh Kepala LPSE Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Firdaus Alamsyah, ST bersama Tim Trainer LPSE. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk  memberikan pengenalan kepada tim LPSE sekaligus untuk melihat bug aplikasi yang terdapat pada aplikasi SPSE terbaru tersebut. Mengingat SPSE Versi 4.3 tersebut akan dipergunakan untuk paket tender pada tahun anggaran 2019.

“Pada tahun 2019, aplikasi SPSE versi 4.3 merupakan aplikasi SPSE yang akan dipergunakan sesuai dengan Perpres 16 Tahun 2018 yang terbaru mengingat SPSE versi 3.6 dan Versi 4.2 akan ditutup sampai pelaksanaan tender TA 2018 oleh LKPP” ujar Firdaus.

Firdaus juga menuturkan bahwa secara bertahap Biro Layanan Pengadaan melalui LPSE akan memberikan training SPSE Versi 4.3 secara bertahap kepada pengguna yang tekait seperti PPK, Pokja Pemilihan ULP, dan juga LPSE Kabupaten/Kota dan instansi lainnya serta juga kepada penyedia jasa/rekanan.

Sehingga melalui kegiatan ini, para pengguna khususnya bagi perangkat daerah dapat mengetahui dan mempersiapkan diri untuk pelaksanaan kegiatan pengadaan barang dan jasa pada Tahun 2019 nanti. Mengingat dalam prakteknya nanti terdapatnya perbedaan atau perubahan mendasar dimana PPK nantinya sudah memiliki peran dalam proses awal perencanaan paket kegiatan dan juga peran dalam pembuatan paket lelang melalui USER PPK.

Sumber: 
Biro Layanan Pengadaan Setda. Prov. Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
Dony Suhardi